HOME
Home » Alat Musik Tradisional » 11 Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

11 Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Posted at October 26th, 2022 | Categorised in Alat Musik Tradisional

Ada banyak jenis alat musik yang ada di sekitar kita. Salah satu jenis alat musik adalah alat musik harmonis. Contoh alat musik harmonis tradisional harpa, angklung, gambus dan sasando rote.

Alat-alat musik harmonis apa saja? Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Contoh alat musik harmonis tradisional

Inilah beberapa contoh alat musik harmonis tradisional yang ada di sekitar kita:

Harpa

Alat musik harmonis tradisional yang pertama adalah harpa. Bahkan, Harpa termasuk salah satu alat musik harmonis tradisional yang paling tua. Mengapa? Karena alat musik ini telah digunakan sejak zaman Mesir kuno.

Ada banyak ukuran variasi harpa yang ada di pasaran. Ukuran paling kecil bisa di bangku oleh pemainnya. Sedangkan ukuran paling besar biasanya diletakkan pada lantai. Pada sebuah harpa terdapat beberapa senar yang tersusun rapi. Harpa dimainkan dengan cara memetik menggunakan jari-jari tangan.

Baca juga: Mengupas Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Tradisional?

Gitar

Alat musik berupa gitar termasuk salah satu alat musik harmonis tradisional yang sudah digunakan turun-temurun. Gitar digunakan sebagai instrumen untuk menemani pertunjukan musik. Sebuah gitar biasanya terdiri dari senar yang mampu menghasilkan aneka nada yang unik menarik menjadi satu kesatuan.  Gitar terbuat dari bahan kayu dan triplek yang dihiasi oleh beberapa senar.

Angklung

Alat musik harmonis tradisional berikutnya adalah angklung. Angklung sebagai alat musik tradisional pernah memperoleh penghargaan UNESCO. Yaitu penghargaan Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Aslinya, angklung berasal dari Jawa Barat. Cara memainkan angklung adalah dengan cara menggoyangkannya. Angklung terbuat dari bahan bambu yang disusun rapi.

Sebagai salah satu alat musik yang menghasilkan satu tangga nada, maka angklung biasanya perlu dimainkan oleh banyak orang untuk menghasilkan nada yang beragam.

Gambus

Alat musik gambus merupakan salah satu alat musik andalan yang berasal dari Riau. Aslinya, gambus berasal dari Arab. Nama aslinya di arab adalah Al’ud.

Awal mulanya, gambus dimainkan oleh orang-orang yang sedang melaut di tengah lautan. Para pelaut ini mencari ikan di tengah lautan dan jauh dari keluarga. Mereka membutuhkan hiburan agar tidak jenuh dan stres. Maka, solusinya adalah bermain gambus di tengah lautan.

Namun, kini gambus telah banyak dimanfaatkan untuk menemani alunan lagu-lagu religi, lagu islami, sholawat dan nasyid islami.

Sampek

Salah satu alat musik tradisional yang jarang kita temui adalah sampek. Sampek termasuk salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan. Alat musik sampek ini adalah kebanggaan suku dayak. Sampek dimainkan dengan cara memetik dawainya.

Alat musik sampek terbuat dari bahan kayu yang diukir indah membentuk pola khas suku Dayak pedalaman.

Celempung

Alat musik tradisional berikut adalah celempung. Celempung memiliki 11 senar yang mampu menghasilkan aneka nada yang indah. Cara memainkan celempung ini adalah dengan cara memetiknya.

Celempung termasuk salah satu alat musik Jawa Barat yang dimainkan bersamaan dengan pameran pagelaran Jawa yang lainnya.

Sasando

Salah satu alat musik harmonis tradisional yang sering kita dengar adalah sasando. Sasando merupakan alat musik unggulan dari NTT (Nusa Tenggara Timur), tepatnya dari daerah Rote. Sasando ini biasa dikenal dengan istilah sasando rote sesuai dengan nama asal daerahnya.

Sasando memiliki beberapa dawai yang tersusun rapi sehingga mampu menghasilkan suara yang indah. Cara memainkan sasando adalah dengan memetiknya.

Sasando terbuat dari bahan bambu yang bagian utama terbuat dari bantalan kayu yang memiliki bentuk melingkar. Bagian ini ada di bagian bawah hingga bagian atas. fungsinya untuk membantu menyangga senarnya. Senar-senar yang ada pada sasando biasanya terdiri dari 28 hingga 58 senar.

Kolintang

Jadi, kolintang merupakan salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul. Biasanya cara memukulnya dengan dua stik kayu secara bersamaan.

Kolintang ini berasal dari Sulawesi Utara. Masyarakat Sulawesi Utara banyak memanfaatkan kolintang ini untuk acara pertunjukan seni daerah dan seni budaya.

Bonang

Salah satu alat musik harmonis tradisional adalah bonang. Bonang biasanya berfungsi sebagai alat pendukung untuk pertunjukan gamelan. Bentuk bonang seperti pot yang bulat dan punya tonjolan bagian tengahnya. Dalam satu set bonang biasanya terdiri dari 14 bonang. Bonang ini terletak pada rangkaian kayu yang ditata secara berjajar.

Alat bonang ini bisa dimainkan dengan cara memukul bagian tonjolan yang ada di atasnya. Anda bisa memukulnya menggunakan dua tongkat yang dilapisi karet atau gaun yang ada di ujung tongkatnya.

Violoncello

Salah satu alat musik harmonis tradisional adalah violoncello. Alat musik ini termasuk dalam keluarga alat musik biola yang cara memainkannya dengan digesek. Pemain cello ini disebut dengan cellis.

Bentuk dari alat musik violoncello ini layaknya gitar. Namun, cara memainkannya yang berbeda. Alat musik violoncello ini dimainkan dengan menggeseknya. Violoncello ini merupakan salah satu alat musik harmonis yang tetap eksis dan banyak digunakan untuk pertunjukan musik hingga saat ini.

Rebab

Alat musik rebab termasuk salah satu alat musik yang jarang dikenal orang. Jadi, alat musik ini termasuk instrumen penting untuk membangun kolaborasi saat menghias melodi dasar. Alat musik rebab ini punya ukuran yang kecil, bulat dan punya leher panjang bagian atasnya.

Alat musik rebab ini tak hanya ada di Indonesia tapi juga ada di wilayah Malaysia Timur Terengganu Kelantan. Banyak orang yang menggunakan alat musik ini sebagai bagian dari ritual penyembuhan. Mereka menyebutnya sebagai main putri.

Pengertian Alat Musik Harmonis Tradisional

Alat musik harmonis tradisional adalah alat musik harmonis yang digunakan untuk memainkan harmoni yang ada pada lagu. Alat musik ini terbuat dari bahan-bahan tradisional yang sudah digunakan sejak turun-temurun.

Alat musik harmonis ini ada kalanya memiliki nada, ada juga yang tak punya nada.

Fungsi Alat Musik Harmonis Tradisional

Sebagai salah satu alat musik, maka alat musik harmonis tradisional ini berfungsi untuk membantu memperindah lagu sebagai pengiring melodi dan musiknya.

Baca juga: Alat Musik Tradisional yang Berasal Dari Jawa Adalah?

Penutup

Ada banyak contoh alat musik harmonis tradisional yang telah penulis sajikan khusus untuk Anda. Alat musik harmonis tradisional merupakan salah satu jenis alat musik yang banyak beredar dan digunakan di sekitar kita.  Di antara alat musik ini ada yang mudah dipelajari, ada juga yang lama proses belajarnya.