HOME
Home » Alat Musik Tradisional » Alat Musik Tradisional yang Berasal Dari Jawa Adalah?

Alat Musik Tradisional yang Berasal Dari Jawa Adalah?

Posted at October 25th, 2022 | Categorised in Alat Musik Tradisional
Aneka alat musik tradisional yang berasal dari Jawa

Pulau Jawa termasuk pulau yang punya banyak alat musik tradisional. Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa ini tersebar luas di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tanpa kita sadari, alat musik tradisional ini jadi kekayaan budaya mereka.

Ringkasnya, alat musik tradisional yang berasal dari Jawa adalah alat musik yang berkembang pesat di daerah Jawa dan bertahan puluhan tahun hingga sekarang.

Apa saja alat musik tradisional Jawa yang terjaga dan lestari hingga sekarang? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Alat Musik Dari Jawa Timur

Jawa Timur termasuk salah satu daerah yang memiliki alat musik terbanyak. Berikut beberapa macam alat musik yang berasal dari Jawa Timur:

Angklung Jawa Timur

Angklung termasuk salah satu alat musik Jawa Timur. Tepatnya berasal dari daerah Banyuwangi. Angklung Banyuwangi disebut dengan angklung caruk.

Dalam bahasa Osing Banyuwangi, kata caruk berarti pertemuan. Jadi, angklung caruk biasanya digunakan oleh dua kelompok saat mereka bertemu untuk bersaing dengan memainkan angklung secara bersama-sama.

Dalam kompetisi angklung ini mereka memainkan angklung untuk beradu kecepatan menggunakan rancak.

Bukan hanya angklung caruk, Banyuwangi juga terkenal memiliki beberapa jenis angklung. Di antaranya adalah angklung. Angklung ini sering digunakan untuk ronde malamĀ  dan patroli saat bulan Ramadan.

Baca juga: Mengupas Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Tradisional?

Angklung Blambangan

Jadi, Angklung Blambangan adalah angklung yang berupa instrumen improvisasi dari angklung caruk. Jenis angklung ini sering digunakan bersama-sama dengan alat gandrung dan gong

Angklung paglak. Jenis angklung ini digunakan untuk menjaga padi dari gangguan burung di siang hari.

Saroen

Salah satu alat musik Jawa Timur yang terkenal adalah saroen. Alat musik saroen berasal dari Madura. Dalam bahasa Madura, saroen berarti hari Senin. Alat musik saroen ini mempunyai bentuk layaknya terompet dan seruling.

Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupnya. Saroen ini terbuat dari kayu jati pilihan yang bentuknya memanjang. Pada bagian ujung mengerucut layaknya sebuah terompet.

Kendang

Alat musik gendang ini banyak kita temui di beberapa bagian wilayah Indonesia. Gendang banyak digunakan di Jawa Timur.

Nama-nama kendang disesuaikan dengan daerah asalnya masing-masing. Misalnya saja:

Gendang yang berasal dari Banyuwangi biasa disebut dengan kendang gandrung. Gendang ini digunakan untuk kesenian gandrung. Jenis gendang ini terbuat dari kayu kelapa tua dan kayu pohon nangka.

Tulungagung juga terkenal dengan kendang reog. Yaitu gendang yang digunakan untuk menemani permainan reog. Jenis gendang ini terdiri dari kendang ukuran besar dan ukuran kecil. Kentang yang berukuran kecil dikenal dengan nama ketipung.

Blitar juga dikenal memiliki kendang yang dikenal dengan nama gendang sentul. Kendang ini terbuat dari bahan kayu mahoni dengan hiasan kulit sapi.

Nama sentul terambil dari nama daerahnya. Yaitu desa Sentul yang ada di wilayah Blitar.

Alat Musik Dari Jawa Tengah

Jawa Tengah juga memiliki beberapa alat musik tradisional yang tetap terpelihara hingga sekarang. Berikut beberapa nama alat musik tradisional Jawa Tengah yang populer:

Gambang

Salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah yang populer adalah gambang. Gambang merupakan alat musik yang terdiri dari 18 bilah bambu yang memiliki alat pemukul khusus. Alat musik gambang ini dimainkan dengan cara memukulnya.

Gender

Salah satu alat musik Jawa Tengah yang populer berikutnya adalah gender. Gender terbuat dari bahan bilah besi yang tegak dengan tali di atas bumbung resonator. Cara memainkan alat musik gender ini adalah dengan alat tabuh. Alat tabuh ini terbuat dari lingkaran kain yang dilapisi dengan gagang yang ujungnya pendek. Bentuk dari gender ini seperti bonang.

Seruling

Salah satu alat musik yang paling populer di Jawa Tengah adalah seruling. Seruling termasuk salah satu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Seruling biasa dimainkan dengan cara menutup lubangnya. Si seruling ini mampu menghasilkan bunyi yang indah dan lembut.

Bonang

Salah satu alat musik yang populer di Jawa Tengah adalah bonang. Bonang terbuat dari bahan perunggu, besi atau kuningan. Alat musik bonang biasanya menonjol yang pada bagian atasnya berupa rancang. Bonang ini biasanya dimainkan dengan cara menabuh atau memukul bagian atasnya dengan pemukul khusus. Alat pemukul ini biasa disebut dengan bindi.

Kenong

Alat musik Jawa Tengah lain yang populer namanya kenong. Kenong ini merupakan instrumen untuk melengkapi gong. Sebuah kenong biasanya memiliki posisi penting dalam permainan alat musik. Kenong  termasuk alat musik yang jadi satu kesatuan dengan bonang.

Gong salah satu alat musik yang banyak digunakan di Jawa Tengah. Jadi, gong menjadi salah satu alat musik yang menjadi kunci untuk mengombinasikan beberapa alat musik yang berirama. Si gong ini terbuat dari bahan timah dan tembaga. Cara memainkannya adalah dengan cara memukulnya.

Alat Musik Dari Jawa Barat

Ada beberapa alat musik dari Jawa Barat yang perlu kamu tahu:

Cantrang

Salah satu alat musik yang populer di Jawa Barat adalah cantrang. Cantrang merupakan alat musik asal Sunda. Alat musik ini mirip dengan kecapi. Cantrang ini terbuat dari bahan kayu kembang, kayu nangka atau kayu kenanga. Alat musik ini dimainkan dengan cara menggunakan jari-jari tangan orang yang memainkannya.

Kendang

Gendang merupakan salah satu alat musik Jawa Barat yang populer. Kendang ini terbuat dari bahan kayu nangka, kayu kelapa dengan kombinasi kulit kambing atau kulit sapi. Kendang dimainkan dengan cara memukulnya hingga mengeluarkan bunyi.

Karinding

Salah satu alat musik Jawa Barat yang populer adalah karinding. Karinding termasuk salah satu alat musik yang terbuat dari pelepah pohon aren, pohon kawung atau bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara menyimpan di bibir. Penepuk bidang memukul menggunakan jari tangannya hingga menghasilkan resonansi susunan suara yang indah.

Tarawangsa

Salah satu alat musik Jawa Barat yang digunakan adalah tarawangsa. Tarawangsa ini terbuat dari bahan kayu kenanga. Tarawangsa merupakan salah satu alat musik tertua Sunda yang cara memainkannya dengan menggeseknya.

Umumnya tarawangsa digunakan pada acara pertunjukan kesenian Sunda. Tarawangsa ini banyak digunakan bersamaan dengan alat musik jentreng.

Terompet

SI terompet ini merupakan salah satu alat musik Jawa Barat yang berasal dari daerah Sunda. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang punya 7 lubang suara. Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupnya.

Terompet dimainkan dengan cara pagelaran pencak silat, pertunjukan kuda lumping hingga pagelaran tari dan seni budaya.

Toleat

Salah satu alat musik Jawa Barat yang jarang orang tahu adalah toleat. Toleat merupakan salah satu alat musik yang terbuat dari bambu tamiang. Alat musik ini berbeda dengan suling walaupun bentuknya mirip dengan suling.

Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupnya. Perbedaan utama antara lain toleat dengan seruling adalah pada jumlah lubang suaranya.

Baca juga: 17 Alat Musik Tradisional yang Dimainkan Dengan Cara Dipukul

Penutup

Ada banyak alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Namun, tak banyak orang yang tahu apa saja alat musik itu. Dalam artikel ini penulis telah menyajikan beberapa contoh Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Baik alat musik yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jawa Barat.  

Alat musik tradisional yang berasal dari jawa adalah alat musik yang digtemukan, terjaga dan tetap lestasi hinggaa saat ini. Alat musik ini menjadi kekayaan budaya dan kebanggaan warga daerah masing-masing.