HOME
Home » Alat Musik Tradisional » 17 Alat Musik Tradisional yang Dimainkan Dengan Cara Dipukul

17 Alat Musik Tradisional yang Dimainkan Dengan Cara Dipukul

Posted at October 24th, 2022 | Categorised in Alat Musik Tradisional

Saat Anda belajar seni musik di sekolah, guru sering memberi perintah sebutkan lima alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Tentu, kamu berpikir dan mencari informasi alat musik apa saja yang cara memainkannya dengan memukulnya.

Ada beberapa contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini menjadi alat musik kebanggaan daerah tertentu dan sudah digunakan turun temurun. Ada banyak alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan memukulnya.

Alat musik apa saja yang cara memainkannya dengan dipukul? Inilah beberapa alat musik yang cara memainkannya dengan memukulnya. Antara lain adalah:

Kolintang

Salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul adalah Kolintang. Kolintang ini merupakan salah satu alat musik tradisional asal Minahasa – Sulawesi Utara. Kolintang terdiri dari beberapa Gong kecil yang mendatar dan berbaris. Instrumen kolintang ini terbuat dari bahan kayu yang dipotong sehingga ukurannya sesuai.

Kolintang mampu menghasilkan bunyi yang panjang dan menghasilkan nada-nada tinggi dan rendah saat dipukul.

Baca juga: Mengupas Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Tradisional?

Kempul

Kempul merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Yaitu salah satu alat musik tradisional asal Jawa Timur. Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan serta kayu.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara memukul pada bagian yang tampak menonjol ke atas layaknya punuk unta. Alat musik ini telah eksis dan nyata pada relief candi Panataran di kabupaten Blitar Jawa Timur.

Tuma

Alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul adalah Tuma. Tuma ini mirip gendang yang ukurannya panjang. Alat musik ini terbuat dari kayu sebagai rangka dan membrannya terbuat dari kulit lembu (sapi). Pada prinsipnya, alat musik ini dimainkan dengan cara memukul atau menepuknya. Umumnya alat musik tuma ini digunakan untuk mengiringi tarian tradisional bersama dengan alat musik yang lainnya.

Bonang

Dalam dunia gamelan Jawa, salah satu alat musik yang terkenal adalah Bonang. Bonang ini memiliki bentuk gong yang ukurannya jauh lebih kecil. Bonang terbuat dari bahan besi, perunggu atau Kuningan.

Secara umum, ada dua jenis Bonang. Yaitu, Bonang Barung dan Bonang Penerus. Terdapat perbedaan dasar yang ada pada Bonang Barung dan bonang penerus. Bonang barung menghasilkan nada tinggi. Sedangkan Bonang barung menghasilkan harmonisasi suara yang indah.

Calung

Salah satu alat musik dari Banyumas yang legendaris adalah Calung. Calung terbuat dari bambu hitam atau bambu hijau. Cara memainkan Calung ini adalah dengan memukul bagian ruas bambunya. Pada bagian Calung biasanya telah tersusun sesuai dengan tangga nadanya.

Canang

Walaupun namanya mirip dengan Calung tetapi canang ini termasuk alat musik yang berbeda. Canang mirip-mirip dengan Bonang. Yaitu salah satu alat musik khas Aceh yang mampu menghasilkan suara tinggi. Canang masuk dalam kategori alat musik gong medium. Bentuknya seperti Gong, namun ukurannya kecil.

Dalam praktiknya, canang biasa digunakan untuk mengiringi tarian tradisional Aceh dan acara pernikahan. Bukan hanya itu, Canang juga banyak digunakan sebagai hiburan bagi perempuan saat mereka berkumpul.

Gendang

Salah satu alat musik yang dipukul adalah gendang. Gendang termasuk alat musik yang lama. Alat musik ini terbuat dari kulit binatang yang dikeringkan dengan cara direntangkan pada tabung kayu. Cara memainkannya dengan memukul bagian tepi atau tengahnya. Saat memukul pada bagian tertentu, maka menghasilkan suara yang berbeda.

Gendang Bulo

Salah satu alat musik yang cara memainkannya dipukul adalah gendang Bulo. Alat musik ini biasa digunakan pada acara-acara pernikahan dan acara adat. Umumnya orang memanfaatkan gendang bulo ini dengan cara dimainkan oleh lelaki yang sudah berumur.

Marawis

Marawis merupakan salah satu alat musik tradisional yang bentuknya mirip dengan rebana. Marawis ukurannya lebih gempal bila kita bandingkan dengan rebana. Umumnya, marawis digunakan untuk mengiringi acara pujian keagamaan, sholawatan, al barjanji, qosidah dan nasyid islami.

Gendang panjang

Sebuah gendang panjang terbuat dari bahan silinder panjang yang punya dua sisi. Alat musik ini berasal dari Bengkulu. Cara memainkannya adalah dengan memukulnya.

Garantung

Alat musik gerantung merupakan salah satu alat musik tradisional asal Kalimantan Tengah. Alat musik ini cara memainkannya dengan dipukul. Secara prinsip alat musik ini masuk dalam kategori alat musik idiophone. Terbuat dari bahan campuran logam. Bentuknya mirip dengan Gong dan Gamelan Jawa. Yaitu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul.

Gambang

Selanjutnya adalah gambang. Yaitu alat musik yang asalnya dari Kalimantan Utara. Gambang terbuat dari bahan kayu. Terbuat dari 18 bilah kayu yang disusun berjajar mulai dari ukuran besar hingga ukuran kecil. Pada bagian bawah terdapat lubang resonansi yang mampu menghasilkan suara.

Gendang melayu

Gendang melayu merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Bangka Belitung. Alat musik ini terbuat dari bahan binatang. Alat musik gendang Melayu ini dimainkan dengan cara memukulnya.

Rebana

Rebana merupakan salah satu alat musik yang terkenal di Indonesia yang dimainkan dengan cara memukulnya. Asal rebana adalah dari Bangka Belitung. Aslinya rebana berasal dari Timur Tengah yang dibawa oleh orang-orang ke Indonesia dan akhirnya populer di Indonesia.

Cara memainkan rebana ini adalah dengan memukulnya. Biasanya rebana digunakan pada acara-acara pernikahan, acara adat dan acara religius islami.

Ketipung

Ketipung merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Cara memainkannya dengan dipukul. Ketipung secara bentuk mirip dengan kendang tetapi ukurannya lebih kecil dari gendang. Ketipung terbuat dari bahan kayu yang tengahnya dilubangi. Banyak orang yang salah paham antara ketipung dengan gendang memang karena keduanya nyaris mirip.

Rindik

Tahukah kamu apakah rindik itu? Rindik adalah salah satu alat musik yang berasal dari Bali. Alat musik ini cara memaikannya dengan memukulnya. Cara memaikan rindik ini adalah dengan memukulnya menggunakan alat penabuh.

Rindik terbuat dari potongan bambu-bambu yang tersusun dengan jarak tertentu untuk menghasilkan bunyi dan nada. Awalnya, alat musik rindik ini digunakan untuk mengiringi tarian joget bumbung.  Namun, alat musik rindik ini kini banyak dimanfaatkan untuk mengiringi festival budaya Bali.

Demung

Demung merupakan salah satu alat musik tradisional yang mirip dengan Saron. Alat musik demung ini masuk dalam kategori alat musik balungan. Dalam satu gamelan biasanya terdiri dari 2 demung. Demung yang satu punya nada pelog dan satunya lagi punya nada slendro. Umumnya bentuk demung besar, namun suara yang dihasilkannya rendah.

Penutup

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan beberapa nama alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Anda bisa mempelajarinya dengan seksama untuk mengerjakan tugas guru Anda bidang seni dan kebudayaan. Aneka alat musik tradisional yang dipukul ini banyak digunakan untuk mengiringi acara keagamaan, seni dan budaya.

Demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan sebagai contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Semoga bermanfaat.