HOME
Home » Alat Musik Tradisional » Mengupas Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Tradisional?

Mengupas Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Tradisional?

Posted at October 23rd, 2022 | Categorised in Alat Musik Tradisional

Mungkin Anda penasaran Apa yang dimaksud dengan alat musik tradisional. Ya alat musik tradisional merupakan alat musik yang jadi kekayaan suku daerah tertentu yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Musik tradisional jadi bukti nyata bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya budaya.

Anda penasaran dengan definisi alat musik tradisional dan fungsinya? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Pengertian Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional terdiri dari kata alat musik dan tradisional. Alat musik merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan nada dan bunyi. Sedangkan, tradisional adalah sesuatu yang bersifat kuno atau lama.

Sehingga alat musik tradisional adalah alat musik yang menghasilkan nada memanfaatkan sesuatu yang kuno.  Alat musik tradisional selalu terkait dengan suku tertentu. Setiap alat musik merupakan hasil olah karya dari seniman lokal suku masyarakat tertentu.

Indonesia kaya akan peralatan musik tradisional. Mulai Sabang sampai Merauke ada ribuan alat musik tradisional yang tetap terjaga, terpelihara dan digunakan dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Alat musik menjadi identitas dan bagian penting kebudayaan sebuah komunitas, suku masyarakat tertentu. Sehingga keberadaannya selalu terjaga dan terpelihara dengan baik.

Fungsi Alat Musik Tradisional

Sebagai bagian penting dari budaya, suku masyarakat tertentu. Alat musik tradisional memiliki fungsi sebagai berikut:

Sebagai Sarana Hiburan

Peralatan musik tradisional mampu menghasilkan bunyi yang harmonis, seimbang memberikan kenyamanan dan keindahan bagi pendengarnya. Sehingga peralatan musik ini mampu menghalau kepenatan dan kejenuhan. 

Dalam praktiknya, peralatan musik tradisional tak hanya dimainkan sendirian tetapi sering dimainkan bersamaan dengan instrumen peralatan lainnya. Alat musik tradisional ini biasanya digunakan untuk mengiringi tarian dan acara-acara tertentu untuk hiburan dan acara sakral suku tertentu.

Mengiringi Pertunjukan Seni Budaya

Fungsi utama alat musik adalah sebagai pengiring pertunjukan seni kebudayaan suku daerah tertentu. Rata-rata suku wilayah daerah tertentu memiliki tarian khas yang selalu diiringi oleh musik tradisional mereka. Sehingga musik ini selalu identik dengan suku dan wilayah tertentu.

Tarian dan alat musik yang hadir dalam panggung pementasan, pertunjukan menjadi daya tarik dan ciri khas yang membuat masyarakatnya fanatik. Sehingga mereka akan bangga dengan tampilan tarian dan alat musik daerahnya masing-masing.

Sarana Pelengkap Budaya Dan Upacara Adat

Dalam suku dan masyarakat tertentu, rata-rata mereka meyakini bahwa suara alunan musik dan tarian khas mereka memiliki energi magis dan kekuatan mistis. Sehingga alat musik ini sering difungsikan sebagai pelengkap acara kebudayaan dan ritual mereka.

Misalnya saja, instrumen gamelan bali dan gong yang menjadi sarana upacara sakral yang ditampilkan pada acara adat istiadat Bali.

Sering sekali peralatan musik tradisional ini juga mengiringi acara sakral suku masyarakat tertentu. Misalnya saja, pernikahan, pesta rakyat dan acara festival budaya. Daerah yang tetap menjalankan musik tradisional adalah keraton Yogyakarta. Mereka memanfaatkan gamelan dan membunyikannya pada momentum acara keraton sehingga masyarakatnya merasa bangga.

Ciri-Ciri Alat Musik Tradisional

Sebagai sebuah peralatan musik tradisional suku masyarakat tertentu, alat-alat musik tradisional memiliki ciri-ciri khas yang tidak dimiliki oleh peralatan musik modern. Inilah beberapa ciri alat musik tradisional yang perlu kamu tahu:

Diajarkan Turun-Temurun

Dalam praktiknya, peralatan musik tradisional diajarkan dari orang tua kepada putra-putrinya secara turun-temurun. Atau dari satu anggota suku ke anggota suku yang lainnya. Sehingga selain anggotanya tak akan berpeluang untuk boleh mempelajari peralatan musik tradisional ini. Dalam rangka untuk menjaga keotentikan dan keunikan alat musik tradisional tersebut.

Tidak Memiliki Notasi

Alat musik tradisional biasanya tidak memiliki notasi. Sehingga belajarnya perlu secara langsung tanpa membuat partitur naskah musik. Sehingga Anda bisa mempelajarinya langsung kepada ahlinya. Anda tak bisa membeli peralatan musik tanpa belajar langsung kepada ahlinya.

Memiliki Syair Khas Daerah Tertentu

Sebagai salah satu musik tradisional, alat musik tradisional biasanya digunakan untuk mengiringi tarian yang memiliki syair khas daerah tertentu. Sehingga tidak cocok jika digunakan untuk mengiringi syair yang lain. Hal ini berdasarkan prinsip bahwa alunan melodi dari alat musik tradisional selalu menunjukkan ciri khas kedaerahan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Sehingga sulit bagi daerah lain untuk mengklaim bahwa alat musik ini milik daerahnya. Mengapa?  Karena secara umum, semua orang tahu bahwa alat musik tradisional tertentu adalah milik daerah tertentu.

Dimainkan Bersama Dengan Alat Musik yang Lainnya

Sebagai salah satu alat musik tradisional daerah tertentu, maka alat musik tradisional ini biasanya dibawakan bersamaan dengan alat musik tradisional yang lainnya. Sehingga bisa saling melengkapi.  Banyak orang yang tahu dan bahwa alat musik di bawah ini adalah alunan alat musik dari daerah tertentu yang tak mungkin mengiringi tarian dari daerah lain. Dan bila dipaksakan mengiringi tarian musik dari daerah lain, hasilnya tidak akan memuaskan.

Menjadi Kebanggaan Suku Daerah Tertentu

Indonesia yang terdiri dari ribuan suku bangsa dan memiliki ribuan alat musik tradisional yang menjadi ciri khas daerah tertentu. Masyarakat suku itu selalu bangga memiliki kekayaan khazanah alat musik tradisional yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Sehingga saat mereka berpindah ke daerah lain, mereka akan membawa alat musik itu walaupun mereka tak pandai atau mahir memainkannya. Ini sebagai bentuk rasa kebanggaan dan percaya diri bahwa mereka adalah bagian dari suku tersebut.

Nama Alat Musik Tradisional  Dan Asal Daerahnya

Sebagai bagian penting dari suku bangsa yang ada di Indonesia, ada banyak alat musik tradisional yang tetap terjaga, terpelihara hingga saat ini. Inilah beberapa nama alat musik tradisional yang familiar di telinga kita:

Gambus

Sebenarnya Gambus merupakan alat musik yang berasal dari Timur Tengah. Namun, karena alat musik ini sudah lama dipakai di Riau, Sumatera. Maka, alat musik ini menjadi alat musik khas daerah Riau. Alat musik ini dimainkan dengan cara memetiknya.

Gambus memiliki paling sedikit 3 senar dan paling banyak 12 senar. Cara memainkan alat musik gambus dengan berkelompok. Umumnya gambus dimainkan bersamaan dengan alat musik pukul seperti gendang.

Saluang

Alat musik Saluang ini berasal dari Minangkabau Sumatera barat. Cara memainkannya dengan meniup. Alat musik ini terbuat dari bambu yang tipis. Ada seorang pemain legendaris alat musik saluang yang bernama Idris Sutan dengan penyanyi utamanya Syamsimar.

Seorang pemain saluang memiliki keistimewaan. Salah satunya mereka mampu memainkan alat musik saluang ini dengan cara meniup dan menarik nafas secara bersamaan. Sehingga mereka mampu memainkan alat musik ini tanpa putus mulai awal hingga akhir.

Akordeon

Alat musik akordeon merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Sumatera Selatan. Secara fisik alat musik ini mirip piano yang memiliki tuts warna hitam dan putih. Namun, dalam praktiknya akordeon dan piano memiliki cara yang berbeda saat menggunakannya.

Akordeon di mainkan dengan cara memainkan tombol akor dengan jari kiri, jari tangan kanan memainkan melodi lagu. Salah satu tangan berfungsi untuk mengatur alunan musik dan tangan yang lainnya mengatur nada.

Gendang Melayu

Alat musik gendang melayu termasuk salah satu alat musik tradisional asal Bangka Belitung. Alat musik ini dimainkan dengan cara memukulnya dengan telapak tangan.

Angklung

Alat musik angklung merupakan salah satu alat musik tradisional khas yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terdiri dari tabung-tabung bambu yang ditata secara rapi dan teratur. Alat musik ini menghasilkan suara nada yang unik dan menarik. Suaranya dihasilkan oleh efek benturan tabung-tabung bambu yang dimainkan dengan cara menggoyangkannya.

Gamelan

Alat musik gamelan merupakan salah satu alat musik yang berasal dari perpaduan alat musik dari gong, gambang dan gendang. Perpaduan dan keserasian beberapa alat musik ini mampu menghasilkan suara nada dianotis yang mampu menyajikan suara yang indah dan harmonis.

Kecapi

Alat musik kecapi merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang cara memainkannya dengan memetiknya. Alat musik kecapi ini dimainkan untuk mengiringi tembang sunda cianjuran yang legendaris.

Rebana Burdah

Alat musik rebana burdah biasa dikenal dengan nama alat musik gendang oku. Yaitu salah satu alat musik tradisional asal Sumatera Selatan. Alat musik ini memiliki bentuk layaknya rebana yang lebar dan besar.

Rebana ini terbuat dari kayu pohon nangka. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu nuansa islami seperti sholawatan dan berjanji. Baik dimainkan secara tunggal atau berkelompok. Alat musik ini dimainkan pada acara-acara tradisional kemasyarakatan dan upacara adat. Alat musik ini juga sering digunakan untuk mengiringi pencak silat.

Gambang

Alat musik gambang termasuk salah satu alat musik tradisional yang memiliki 18 bilah bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara memukulnya. Biasanya alat musik ini dimanfaatkan dalam acara kesenian Gambang Kromong Betawi yang legendaris.

Japen

Alat musik Japen termasuk alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Alat musik ini memiliki bentuk yang menyerupai dengan gitar. Peralatan musik ini mampu menghasilkan artikulasi suara yang unik dan menarik. Alat musik ini tercipta hasil akulturasi budaya suku Dayak dan para pedagang yang datang dari China ke Kalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dengan 4 buah senar yang menghiasinya.

Kolintang

Alat musik kolintang termasuk salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Minahasa yang mendunia. Dahulu kala, alat musik kolintang ini digunakan pada upacara ritual adat istiadat yang memiliki hubungan dengan pemujaan roh leluhur. Seiring dengan berjalannya waktu, kolintang tetap dimanfaatkan sebagai pengiring lagu dan tarian tradisional.

Penutup

Banyak orang yang penasaran apa yang dimaksud dengan alat musik tradisional . Alat musik ini tetap jadi idola banyak orang di tengah munculnya alat musik modern yang canggih.  

Banyak orang yang masih simpati dan fanatik pada alat musik tradisional ini sehingga mereka banyak yang mengoleksinya di rumah mereka. Semua adalah wujud kecintaan mereka pada budaya dan kekayaan lokal.